biindit

Monday, July 6, 2009

HATI-HATI MEMILIH DENGAN TEMPLETES GRATISAN



Dalam rangka berbagi hasil belajar SEO dan latihan SEO untuk pemula, saya perlu mengingatkan resiko memakai barang gratisan. Kali ini membahas tentang template gratisan. Banyak sekali template gratis untuk digunakan ngblog baik dengan platform wordpress maupun blogger.com. Tapi tahukah anda ada template-template tertentu yang bisa membuat blog anda tenggelam di SERP (Search Engine Result Pages)? Kalau anda tanya kenapa bisa begitu, dan apa sebabnya, maka diabawah ini saya ceritakan pengalaman saya berganti template berkali-kali.

Hati-hati dengan template gratisan
Rusli Zainal Sang Visioner

template gratis Dalam rangka berbagi hasil belajar SEO dan latihan SEO untuk pemula, saya perlu mengingatkan resiko memakai barang gratisan. Kali ini membahas tentang template gratisan. Banyak sekali template gratis untuk digunakan ngblog baik dengan platform wordpress maupun blogger.com. Tapi tahukah anda ada template-template tertentu yang bisa membuat blog anda tenggelam di SERP (Search Engine Result Pages)? Kalau anda tanya kenapa bisa begitu, dan apa sebabnya, maka diabawah ini saya ceritakan pengalaman saya berganti template berkali-kali.

Para blogger pemula dalam memilih template seringkali hanya berdasarkan tampilan. Ini sebenarnya wajar karena template dipilih tentu karena tampilannya yang menarik dan disukai. Sayangnya ternyata dengan hanya memperhatikan tampilan tanpa meneliti lebih rinci bisa menimbulkan masalah dalam SEO. Masalahnya biasanya adalah ada kesalahan dalam pengaturan CSS. Atau ada pula yang salah dalam pengurutan load halaman.

Para pembuat template gratis mungkin tidak sengaja melakukan ini, karena yang dipentingkan juga tampilan. Jarang orang membuat template dari awal (halaman kosong), biasanya yang dilakukan adalah mengedit habis-habisan dari template yang sudah ada. Disinilah jika tidak atau kurang teliti rentan terjadi kesalahan yang mungkin sepele dan tidak terlihat oleh mata telanjang, tapi crawler search engine bisa melihatnya dengan jelas. Oleh karena itu sebaiknya anda tahu meski sedikit tentang ilmu HTML agar tiap menggunakan template gratis anda bisa mengecek apakah ada kesalahan yang terjadi.
Kesalahan yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

1. Sidebar diload terlebih dahulu daripada content. Ini saya alami ketika pernah menggunakan template dengan letak sidebar di kiri. Harusnya pengaturan CSS untuk sidebar dan main wrapper di CSS seperti ini: #main {float: right;}
#sidebar-wrapper {float: left;} dan pengurutan load dibawah kode <body> seperti urutan ini: <div id='main'>
<div id='sidebar-wrapper'> Jadi main wrappper diload terlebih dahulu baru kemudian sidebar, hanya peletakannya diatur kanan dan kiri lewat CSS.
Sedangkan kode CSS yang salah jika seperti ini: #main {float: left;}
#sidebar-wrapper {float: left;}dan pengurutan load dibawah kode <body> seperti urutan ini: <div id='sidebar-wrapper'>
<div id='main'> Kedua penulisan diatas efeknya sama, karena sidebar akan berada dikiri. Tapi dari tinjauan SEO, kesalahan ini merugikan. Crawler akan membaca terlebih dahulu sidebar baru kemudian membaca content.
2. Background bidang letak tulisan memiliki warna sama/hampir sama dengan warna text. Jika ini terjadi anda bisa dituduh menyembunyikan kata kunci oleh crawler. Akibatnya tentu blog anda akan diletakkan dibelakang sekali di SERP. Bagaimana hal ini bisa terjadi tanpa diketahui? perhatikan kode ini: #wrap {width: 800px;background: #fff url('http://www.geocities.com/f_415_47/Core/bg.gif') repeat-y center top; margin: 0 auto;text-align: left; color: #fff;} Perhatikan kode warna merah, tampak disitu warna background dan warna text sama yaitu putih (#fff) Dan ini tidak disadari karena yang tampak oleh mata kita adalah image gambar (perhatikan kode warna hijau). Warna dari image pasti kontras dengan warna putih, bisa hitam, coklat dll. Tapi mesin pencari membaca background dari kode bukan melihat image. Karena mesin pencari tentu tidak tahu warna dari gambar itu.
3. Background bidang letak tulisan memiliki warna sama/hampir sama dengan warna text anchor. Sama kasusnya dengan point 2, tapi yang sama dengan background adalah warna link. Resikonya juga dianggap menyembunyikan link.

Tiga point diatas perlu diwaspadai, jangan sampai tanpa sadar anda menjerumuskan diri sendiri. Semoga tips ini berguna bagi kawan-kawan para pemula seperti saya. Jangan mengulangi kesalahan yang dilakukan. Pilihlah template berdasar tampilannya yang bagus, tapi periksa sebelum memakainya. Apabila ada kejanggalan edit template tersebut sebelum digunakan.
SUMBER INFORMASI

Catatan:
Kode-kode diatas bisa tidak sama tiap template, tapi perhatikan (di CSS) tiap ada kode "color", pastikan warnanya kontras dengan kode "background" di area tersebut.



Related Posts sesuai kategori



5 komentar:

Ricky Bachtiar said...

wah jangan2 template saya juga begitu..?

Dee-nesia said...

Iya nich, saya jadim ikir seperti mas Ricky Bachtiar, kalau memang template bisa ngasih masalah sebesar itu, jadi menakutkan juga.

Makasih infonya, very inspiring and also frightening, hehe ...

FREEDOM CREATIVITY said...

betul sob bisa saja terjadi diantara sobat-sobat yang terlanjur mendownloadnya, ya... kalau sekedar buat coba sich tdk masalah tapi itu blog agakberat di accesnya,lain seperti yg udah disediakan oleh blogger, bila kita tidak mencermati apa yang sebetulnya akan kita jadikan suatu templetes buat tampilan blog kita yang harus kita pamahi adalah isi dari html tersebut kita
terutama isi dari code html, saranya.. pake dari templete asli dari google sob.. untuk penambahan layout kolom nya bisa sobat tambah sendiri byk kok di internet cara pengaturan untuk setingan templete oke met..kretif sob..

hermanus said...

saya juga kepikiran seperti itu dengan template gratis, untuk ngeditnya males apa lagi baru sedikt mengerti HTML. Ya udah pakai aja

freedom creativity part 2 said...

sebetulnya untuk templete dari blog yang sudah siap pakai yang disediakan oleh blogger sendiri sudah bagus tinggal kita sedikit memodifikasinya itu lebih aman

AMAZON